6 Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan Saat Sewa Genset Second

Apa yang anda lakukan ketika listrik tiba-tiba padam? Tentu yang terpikirkan pertama kali adalah mencari alat penerangan seperti lilin atau senter. Namun, alat-alat seperti ini hanya bisa bertahan selama beberapa menit atau jam saja serta cahaya lampu yang dihasilkan juga tidak seberapa sehingga diperlukan alat atau sumber listrik lain guna mendapatkan penerangan yang lebih baik ketika listrik PLN mati.

Sewa Genset

Di jaman sekarang, banyak yang memilih untuk menggunakan genset sebagai solusi mengatasi pemadaman listrik oleh PLN, terutama untuk keperluan tempat-tempat umum seperti kantor, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan lainnya. Biasanya, tempat-tempat seperti itu sudah dilengkapi dengan genset terlebih dahulu agar ketika terjadi pemadaman listrik secara mendadak, tidak panik lagi.

Tidak hanya tempat umum saja yang memerlukan genset, pada sebagian rumah tangga juga ada yang menggunakan genset untuk sumber listrik cadangan. Biasanya, yang punya genset adalah mereka yang tergolong mampu atau dari kalangan menengah ke atas. Harga genset yang berkisar jutaan, apalagi untuk daya watt yang besar, memang dapat dikatakan mahal. Namun, untunglah sekarang sudah ada jasa sewa genset yang bisa jadi pilihan alternatif untuk dapat menggunakan genset dalam waktu tertentu.

Siapa tahu saat ini pembaca sekalian ada yang ingin menyewa genset untuk keperluan acara penting seperti pesta pernikahan atau lainnya. Sebelum yakin untuk sewa genset terlebih jika genset yang akan disewa adalah second, perhatikan beberapa hal penting berikut.

1. Kondisi Genset
Kita tidak tahu secara pasti bagaimana kondisi genset pada sebuah jasa penyewaan, mungkin sebagian diantaranya sudah sering disewa oleh orang lain. Faktor seringnya genset dipakai tentu berpengaruh terhadap kinerja atau performa mesin, jadi tidak ada salahnya untuk menanyakan terlebih dahulu tentang bagaimana keadaan genset kepada orang yang menyewakan. Tanyakan pula apakah kondisi genset pernah mengalami kerusakan atau tidak, hal ini untuk mencegah anda mendapatkan genset sewaan yang kualitasnya buruk.

2. Kualitas Suara
Salah satu indikasi adanya masalah serta bagaimana kualitas genset dapat diketahui dari suara mesin ketika dalam keadaan On. Hampir semua genset mengeluarkan suara ketika dinyalakan, hanya saja ada yang suaranya tidak terlalu nyaring ada juga yang bising. Lakukan pengecekkan genset yang akan disewa dengan menghidupkannya terlebih dahulu, saat dihidupkan, perhatikan bagaimana suara yang dihasilkan. Jika terdengar suara yang tidak biasa, mungkin saja ini salah satu tanda adanya masalah pada mesin.

3. Bahan Bakar
Tanyakan pula bahan bakar yang digunakan untuk menghidupkan genset. Sebagai penyewa, anda harus tahu bahan bakar yang dipakai untuk menghindari kesalahan pengisian bahan bakar. Jika ingin hemat, pilih jenis genset yang menggunakan bahan bakar murah misalnya solar.

4. Cara Pemakaian
Anda mungkin saja menyewa tipe genset yang sebelumnya tidak pernah anda gunakan sehingga dalam penggunaannya, anda merasa masih perlu mempelajarinya. Oleh karena itu, mintalah kepada jasa penyewaan untuk menjelaskan bagaimana cara pemakaiannya. Minimal anda mengetahui bagaimana cara menghidupkan dan mematikan mesin dengan benar.

5. Riwayat Pemakaian
Menanyakan bagaimana riwayat pemakaian genset yang akan disewa, tentu bukan suatu yang salah. Jika jasa penyewaan berkenan memberitahukan bagaimana riwayat barang yang mereka sewakan, ini tentu sebuah informasi tambahan yang bisa jadi bermanfaat bagi anda.

6. Harga Sewa
Setelah merasa menemukan genset yang pas dan sesuai dengan keinginan anda, lanjutkan dengan menanyakan harga sewa yang ditawarkan. Terlebih dahulu, cari informasi mengenai harga sewa pasaran untuk memudahkan anda memperkirakan harga yang ditawarkan sesuai atau tidak dengan kondisi genset.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan Saat Sewa Genset Second"

Post a Comment