Pahami Alasan Penting Kenapa Kucing Hobi Mencakar

Kucing identik dengan wajahnya yang lucu dengan tingkah laku menggemaskan. Kedua hal ini menjadi alasan banyak orang ingin memeliharanya. Meskipun demikian, naluri kucing untuk mencakar tetap tidak bisa dihindari. Kukunya yang tajam bisa digunakan untuk mencakar dan mengoyak apapun yang menurutnya menarik. Karenanya, Anda harus waspada terhadap seluruh barang-barang yang dimungkinkan terkena cakar kucing.

Sebagai cat lovers yang baik, tentu Anda harus paham dengan kebiasaan kucing ini. Keputusan untuk memelihara kucing harus diimbangi dengan menerima kebiasaan yang datang karena nalurinya sebagai hewan. Untuk itu, jangan melarang si meong untuk melakukan kebiasaannya mencakar agar tidak stress dan tetap enjoy. Di balik kebiasaan mencakarnya, ternyata hewan lucu ini punya alasan yang kuat. Apa sajakah itu?

Kucing Hobi Mencakar

1. Menjaga Cakarnya dalam Kondisi Baik

Kucing merupakan salah satu hewan karnivora yang bertaring dan mempunyai cakar. Mencakar adalah kebiasaan kucing yang sering dilakukan dan mempunyai manfaat bagi hewan lucu ini. Apakah itu? Salah satu alasan kucing mencakar adalah untuk menjaga agar cakarnya dalam kondisi baik. Dengan kondisi cakarnya yang tetap kuat, kucing bisa berburu hewan kecil serta melindungi dir dari musuh.

2. Mengasah Ketajaman Kuku

Alat pertahanan diri sangat penting bagi setiap hewan, termasuk kucing. Meskipun sudah menjadi hewan peliharaan yang aman berada di rumah si pemilik, namun naluri kucing untuk melindungi dirinya tetap ada. Dengan demikian, ia tetap mengasah ketajaman kukunya agar tetap prima dengan cara mencakar. Jika kuku-kukunya cukup tajam, maka ia bisa melindungi diri dari segala macam bahaya.

3. Meregangkan Otot

Saat mencakar, otot-otot kucing ikut dapat berkontraksi dan relaksasi secara sinergis. Otot pada bagian kaki, telapak kaki, bahu, serta bagian belakang badan akan meregang. Setelah peregangan otot tersebut, kucing dapat bergerak lebih leluasa. Ia dapat bermain dengan lebih lincah. Tubuhnya menjadi ringan saat digunakan untuk berlari keliling kompleks rumah.

4. Melatih Kekuatan dan Ketahanan Otot

Kebiasaan kucing mencakar berguna untuk melatih kekuatan serta ketahanan otot. Sinergi kinerja otot telapak kaki, kaki, bahu, serta bagian belakang tubuh, akan meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot. Kondisi otot yang prima dapat memudahkan kucing dalam beraktivitas. Pelatihan otot dengan kegiatan mencakar tersebut seperti kegiatan olahraga, di mana bermanfaat menyehatkan tubuh kucing.

5. Menandai Wilayah Kekuasaan

Wilayah kekuasaan? Sebagai hewan peliharaan, kucing ingin mempunyai kawasan yang bebas untuk bermain dan beristirahat dengan tenang, seolah mempunyai wilayah kekuasaan. Kucing ingin menandai wilayah bebasnya tersebut. Tanda cakaran serta bau kelenjar yang dilepaskan oleh telapak kaki dapat dideteksi oleh kucing lain, sehingga kucing bisa mendapatkan teman.

Kebiasaan kucing untuk mencakar sudah merupakan nalurinya dan tidak dapat dilarang. Hal - hal tersebut merupakan alasan penting mengapa kucing suka mencakar. Dengan mengetahui pentingnya kebiasaan kucing tersebut, tentu Anda harus memberikan ruang bagi kucing untuk melakukannya. Jika Anda takut barang-barang di rumah menjadi sasaran kucing, maka hal tersebut dapat diatasi asalkan jangan melarang kucing mencakar.

Kucing akan mencakar benda apapun yang dianggapnya menarik dan bisa mempertajam kukunya. Terkadang, perabotan rumah, baju, dan benda-benda lainnya bisa menjadi sasarannya. Anda jangan cemas soal itu. Scratching post atau area mencakar merupakan solusi tepatnya. Siapkan miniatur pohon kucing dari kayu ringan berlapis rami sebagai tempat kucing mencakar. Usahakan tinggi pohonnya setara dengan kucing Anda.

Agar lebih menarik perhatian kucing, siapkan area mencakar yang berwarna-warni dan lebih dari satu. Kucing akan merasa itu adalah area kawasan bermainnya. Hewan kesayangan Anda akan senang dan merasa diberi kebebasan. Perabotan rumah dan benda-benda penting lainnya juga akan terhindar dari cakaran kucing. Benda kesayangan, misalnya baju, tas, dan sepatu, akan aman dari sasaran cakar kucing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pahami Alasan Penting Kenapa Kucing Hobi Mencakar"

Post a Comment