7 Tips Desain Kamar Gaya Eclectic

Eclectic style merupakan gaya desain yang menggabungkan beberapa gaya. Keunikan desain ala kontemporer ini membuatnya banyak disenangi. Namun, seringkali kita gagal memahami apa yang dimaksud dengan eclectic. Kita hanya menghiasi kamar kita secara acak sehingga desain kamar terlihat tidak matching. Padahal, meskipun merupakan campuran gaya, desain gaya eclectic punya pedoman tersendiri. Pedoman ini mencakup semua elemen kamar seperti warna, bentuk, serta tekstur. Agar desain kamar eclectic terlihat sesuai, ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

1. Mencampurkan Desain Furniture
Desain Kamar Gaya Eclectic

Prinsip utama pada gaya eclectic adalah perpaduan gaya yang saling melengkapi. Jadi, gaya-gaya yang kita padukan tidak boleh kontras. Misalnya saja seperti lemari art deco yang dipadukan dengan tempat tidur rustic. Atau, pakaian-pakaian bergaya vintage yang dipajang di lemari bergaya country.  Selain memadukan gaya tradisional, kita juga dapat memadukan gaya tradisional dengan kontemporer. Namun, kita harus memastikan perpaduan tersebut tidak timpang.  Memang, barang-barang kita tidak berasal dari gaya yang sama. Namun, barang-barang tersebut harus terlihat padu.

2. Warna Sebagai Kunci Keharmonisan Kamar
Desain Kamar Gaya Eclectic

Untuk membuat barang-barang di kamar terlihat harmonis, pilihan warna sangatlah penting. Kebanyakan, orang yang menyukai gaya ecletic memilih warna cerah ataupun yang memberi kesan berani. Akhirnya, banyak yang menganggap bahwa eclectic sama dengan warna-warni. Padahal, kamar tidur eclectic juga bisa menggunakan warna-warna yang netral.  Untuk itu, kita harus bisa memilih warna untuk memadukan gaya desain yang berbeda. Jika menyukai warna cerah, pastikan dinding dan lantai terap berwarna netral. Warna netral tersebut dapat menghindari paduan warna yang ‘mencolok’.  Jika tempat tidur berwarna pink cerah, gunakan warna kuning emas pada lampu, pajangan, serta bangku.

3. Memiliki Kesamaan
Desain Kamar Gaya Eclectic

Kamar tidur eclectic memiliki sesuatu yang sama untuk memadukan gaya-gaya berbeda. Selain warna, keharmonisan gaya eclectic juga dipengaruhi motif, bentuk, serta tekstur furniture. Salah satunya adalah penggunaan bentuk yang sama pada dekorasi kamar. Kita dapat memilih barang-barang yang memiliki bentuk melengkung. Contohnya ialah piringan hias, alas tempat duduk berbentuk bulat, serta motif bulat pada sprei.

4. Menggunakan Campuran Pola
Desain Kamar Gaya Eclectic

Kamar tidur eclectic memiliki banyak pola. Kunci utamanya adalah mencocokkan setidaknya satu warna pada pola-pola tersebut. Kita juga harus bisa memilih pola-pola yang cocok dikombinasikan. Biasanya, pola geometri, garis-garis, serta polkadot cocok dengan motif alami. Contohnya ialah motif binatang, bunga, serta daun-daunan. Namun, tidak ada aturan baku untuk mencampurkan pola-pola berbeda. Yang penting, kita dapat memastikan pola-pola yang kita pilih memiliki ukuran yang berbeda. Bila bingung, kita cukup menggunakan warna yang umum pada dinding, tempat tidur, serta jendela.

5. Mendaur Ulang
Desain Kamar Gaya Eclectic

Salah satu ciri khas kamar tidur eclectic adalah penggunaan bahan daur ulang. Artinya, furniture kita dapat dibuat dari kayu yang sebelumnya pernah digunakan. Atau, kita dapat juga menggunakan kayu bekas tangga untuk papan tempat tidur.

6. Memperlihatkan Kepbribadian
Desain Kamar Gaya Eclectic 

Kamar tidur eclectic mencerminkan individualitas pemiliknya. Jadi, kita juga harus memperlihatkan kepribadian kita ketika mendesainnya. Pajangan barang-barang unik dari berbagai tempat akan memperlihatkan kita sebagai pecinta travelling. Bila menyukai tokoh film tertentu, pajanglah barang yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Jangan khawatir jika barang-barang ini tidak menjadi sesuai dengan desain kamar. Justru, di situlah letak keindahan pada gaya eclectic.

7. Memadukan Banyak Tekstur
Desain Kamar Gaya Eclectic

Kamar eclectic memerlukan variasi tekstur agar terlihat lebih unik dan orgininal. Kemampuan kita untuk mencampur dan memadukan variasi tekstur diuji di sini. Misalnya seperti bantal bertekstur kasar, permukaan yang menyerupai cermin, serta kayu bertekstur halus. Selain itu, variasi tekstur juga dapat ditambah pada karpet, hiasan furniture, serta gorden.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Desain Kamar Gaya Eclectic"

Post a Comment